Latar Belakang ICT Center

SEKILAS TENTANG ICT CENTER BANJARMASIN

A. Latar Belakang

Banjarmasin sebagai ibukota Propinsi Kalimantan Selatan adalah sebagai wilayah pusat pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Semua jenjang pendidikan, mulai dari Taman Kanak-kanak hingga Perguruan Tinggi tersebar merata di seluruh wilayah Kota Banjarmasin..

Teknologi informasi dan komunikasi terbukti mampu memberi solusi dalam percepatan transformasi ilmu pengetahuan dan teknologi.Demokratisasi pendidikan dan pelatihan membutuhkan infrastruktur canggih yang mampu menunjang dan menjangkau semua lapisan masyarakat, tanpa terkecuali Community College (CC).

Wide Area Network (WAN) adalah jaringan komputer luas yang terjalin/terhubung melalui kabel maupun nirkabel. WAN adalah salah satu sistem yang sangat mendukung program elearning (pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi), dimana Peserta Didik atau Warga Belajar dapat menggali ilmu dan menambah pengetahuan serta memperkaya wawasan secara mandiri dimana saja dan kapan saja, tidak hanya dapat diakses melalui komputer di sekolah, namun juga dapat diakses melalui komputer di rumah atau di warung internet.

B. Dasar

1. Kebijakan Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia tentang Broad Based Education (BBE) Tahun 2002.

2. Kebijakan Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan tentang Community College (CC) Tahun 2002.

3. Kebijakan Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan tentang SMK Pengembang (TI) tahun 2002.

C. Tujuan

1. Tujuan Umum

Menghubungkan dan menjalin komputer atau jaringan komputer lokal (Local Area Network) di beberapa sekolah menjadi satu kesatuan sistem jaringan komputer luas (Wide Area Network) di Kota Banjarmasin sebagai platform atau media pendidikan dan pelatihan berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

2. Tujuan Khusus

a. Menjadi wahana belajar bagi Peserta Didik dan Guru SLTP, SMU dan SMK di Kota Banjarmasin yang berbasis intranet, ekstranet dan internet.

b. Menjadi media belajar dan komunikasi bagi Peserta Didik dan Guru SLTP, SMU dan SMK di Kota Banjarmasin yang berbasis web,multimedia dan video conference.

c. Menjadi koridor sistem informasi manajemen, komunikasi dan administrasi pendidikan di Kota Banjarmasin yang berbasis web, video conference dan VoIP.

d. Menjadi tulang punggung riset dan pengembangan E-Learning, Egovernment dan E-Parliament di Kota Banjarmasin.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: